Wednesday, August 1, 2012

Tepung MOCAFindo


Tepung MOCAF (Modified Cassava Flour) merupakan produk tepung dari ubi kayu (manihod esculenta crantz) atau singkong yang diproses menggunakan prinsip memodifikasi sel ubi kayu dengan cara fermentasi, sehingga mikroba BAL (Bakteri Asam Laktat) mendominasi selama fermentasi singkong ini berlangsung.

Mikroba yang tumbuh menghasilkan enzim pektinolitik dan selulolitik yang dapat  menghancurkan dinding  sel  singkong sedemikian rupa, sehingga terjadi liberasi granula pati.  Mikroba  tersebut juga menghasilkan enzim-enzim yang menghidrolisis pati menjadi gula dan selanjutnya mengubahnya menjadi asam-asam organik, terutama asam laktat.

Hal ini akan menyebabkan perubahan karakteristik dari tepung yang dihasilkan yaitu berupa; naiknya viskositas, kemampuan gelasi, daya rehidrasi, dan kemudahan melarut. Demikian pula, cita rasa MOCAF menjadi netral dan menutupi cita rasa singkong hingga mencapai 70 %.

Walaupun dari komposisi kimianya tidak jauh berbeda, MOCAF mempunyai karakteristik fisik dan organoleptik yang spesifik jika dibandingkan dengan tepung singkong pada umumnya. Kandungan nitrogen MOCAF lebih rendah dibandingkan tepung singkong, dimana senyawa ini dapat menyebabkan warna coklat ketika pengeringan atau pemanasan. Dampaknya adalah warna MOCAF yang dihasilkan lebih putih jika dibandingkan dengan warna tepung singkong biasa (tapioka). 

MANFAAT TEPUNG MOCAF

Penggunaan Tepung Mocaf saat ini sudah sangat perlu, hal ini untuk mengantisipasi ketergantungan kita akan kebutuhan tepung terigu yang merupakan bahan pangan cukup vital bagi masyarakat Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa negara kita bukanlah penghasil gandum (bahan baku terigu), karena  Indonesia bukan Negara beriklim sub-tropis, maka oleh karena itu untuk mencukupi kebutuhan tepung terigu kita masih impor dari negara lain.

Tepung Terigu merupakan bahan baku yang sudah umum dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat kita untuk membuat berbagai aneka produk makanan seperti; roti, kue, mie instan dan berbagai aneka macam produk makanan lainnya.

Seiring semakin berkembangnya industri pengolahan makanan berbahan baku terigu, maka Tepung Mocaf dapat menjadi alternatif maupun sebagai pengganti (subtitusi) terhadap penggunaan tepung terigu.
  
TEPUNG MOCAFindo
  
Tepung MOCAFindo difermentasi secara alami (organik) tanpa bahan kimia serta mempunyai karakteristik dan kualitas yang menyerupai tepung terigu, dan oleh karena itu dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam industri makanan, seperti produk mie, bihun, roti, kue dan lain-lain. 

KEUNGGULAN TEPUNG MOCAFindo :

 Mempunyai daya kembang setara dengan tepung terigu
 Bahan baku dari singkong kwalitas terbaik
 Kandungan serat terlarut (soluble fiber) lebih tinggi dari pada tepung tapioka
 Kandungan Kalsium lebih tinggi dari tepung lainnya
 Mengandung Skopoletin sehingga dapat menormalkan tekanan darah 
 Bebas Glutein sehingga tidak menyebabkan alergi
 Daya cerna lebih tinggi dibandingkan dengan tapioka
 Warna tepung lebih putih

Silahkan menggunakan Tepung MOCAFindo dan lakukan eksperimen lanjutan pada makanan buatan anda untuk mendapatkan hasil optimal.

TEPUNG MOCAFindo
DIPRODUKSI OLEH : 
PT. KALINDA BINAR INDORAYA 
Wonosari – Yogyakarta

Produk uji oleh Lab UPT.BPPTK LIPI & Lab Kimia Analitik UGM
Laporan Analysis No. 013/LKA-BPPTK/VI/2012

1 comments:

Apakah kami boleh berkunjung ke pabrik mocafrnya. mohon informasinya ke swidinugraha@gmail.com, 085267574797.

terima kasih.

Post a Comment

Mohon komentar, saran, dan kritik Anda disampaikan kepada kami. Terimakasih sudah mampir di blog kami.